Senin, 14 April 2014

Batik Sederhana



Goresan Batik Sederhana Hyuju

Awal membuat batik, saya mengalami kebingunngan. Karena saya tidak terbayangkan akan membuat batik bentuk apa. Saya ingat dulu waktu belajar membuat batik, sewaktu saya duduk di bangku sekolah. Kalau membuat pola batik itu dibuatkan terlebih dahulu kotak-kotak yang ukurannya sama. Namun, setelah dapat pengarahan, bahwa pola batik sederhana dapat dibuta bebas. Akan, tetapi dalam pembuatan pola batik sederhana, sebaiknya pola awal tdak boleh terlalu detail. Karena itu akan menyulitkan pada saat proses pewarnaan. Sebaiknya motif-motif badi yang dibuat sederhana, dengan begitu akan lebih mudah untuk mewarnai. Dalam membuat pola batik sederhana. Saya menggunakan pensil untuk membuat motif-motif yang batik sederhana. Karena saya kurang berani langsung menggunakan krayon, saya masih ada rasa takut salah untuk mencoba. Membuat motif batik sederhana dengan menggunakan pensil, sebaiknya tidak bayak menghapus. Jika kita dapat menggambar secara telaten, kita akan menghasilkan gambar yang bagus. Namun, jika kat sudah berani untuk mengaplikasikan langsung menggunakan krayon, itu akan lebih bagus.
 Saya memulai bentuk motif bunga-buang. Motif bunga adalah motif yang sederhana dan mudah untuk diwarnai pada proses pewarnaan. Saya memilih motif bunga, karena saya menyukai bunga. Berawal dari rasa suka atau apa yang kita suka batik, akan membangkitkan kesenangan dan minat kita dalam membatik. Saya mengisi kertas penuh dengan motif bunga-bunga dan beberapa motif kupu-kupu pada batik sederhana. Penambahan kupu-kupu pada batik sedehana dapat mempercantik batik yang saya buat. Batik sederhana yang sama buat menceritakan sebuah taman bunga. Dalam taman bunga itu, terdapat berbagai macam-macam bunga yang tumbuh dengan indah. Warna-warni bunga yang ada di taman bunga tersebut, memperindah suasana taman bunga itu. Karena keindahan dan pesona taman bunga itu, menarik perhatian kupu-kupu. Sehingga ada beberapa kupu-kupu yang terbaik kesana-kamari mengelilingi bunga-bunga yang indah itu. Itulah cerita dari batik sederhana yang saya buat.
Dalam proses pewarnaan, untuk mewarnai motif-motif batik sederhana, saya menggunakan krayon, karena sifat krayon yang tahan dengan air bila dipadukan dengan cat air. Dalam pewarnaan motif batik sederhana ada dua pewarnaan, yaitu pewarnaan motif badi sederhana secara penuh dan pewarnaan motif secara penuh. Pewarnaan motif batik sederhana secara penuh adalah proses pewarnaan yang seluruh bentuk motif batik diwarnai. Sedangkan pewarnaan secara tidak penuh adalah proses pewarnaan hanya pada bagian tertentu pada motif batik, misalnya hanyak bagian pinggir motif batik. Pewarnaan secara tidak penuh untuk mengisi warna atau bentuk motif lain pada batik sederhana. Untuk warna motif batik sederhana digunkan warna yang muda. Sedangkan untuk backgroud digunakan warna yang tua.
Batik sederhana dapat diterapkan pada pembelajaran tematik, yaitu seni rupa, IPA dan Bahasa. Batik sederhana memiliki prinsip dalam proses pembuatan batik. Prinsip-prinsip dalam proses pembuatan batik tersebut dapat dituangkan dalam bentuk pembelajaran tematik. Ada tiga aspek yang penting dalam pembuatan batik, yaitu pewarna, sesuatu yang dapat merintangi (perintang), dan media. Pewarna  dalam pewarnaan batik sederhana dilakukan secara bergantian, agar mendapatkan warna yang bagus. Perintang adalah bahan yang dapat merintanagi warna pada bentuk motif batik. Perintang untuk dapat membentuk warna lain atau motif lain. Bahan yang digunakan sebagai perintang pada batik adalah lilin dan krayon. Karena lilin dan krayon memiliki sifat yang sama, yaitu  lilin dan krayon tidak bersenyawa dengan air. Sehingga krayon dan lilin  dapat digunakan sebagai perintang, selain pewarna motif batik. Media yang digunakan untuk membuat batik sederahana adalah kain. Aplikasi proses pembuatan batik sederahana dalam pembelajaran tematik adalah sebagai berikut.
1)          Menggambar bentuk motif-motif sederhana masuk kedalam bahasan seni rupa.
2)          Prinsip pencelupan batik sederhana masuk kedalam bahasan IPA.
3)         Sifat krayon dan lilin yang tidak bersenyawa dengan air masuk kedalam bahasan IPA.
4)        Hasil batik sederhana siswa dapat diceritakan dengan bahasanya sendiri masuk kedalam bahasan bahasa Indonesia. Siswa akan mudah menceritakan, bila karya dibuat oleh dirinya sendiri.
Proses pembuatan batik sederhana adalah sebagai berikut.
1)    Membuat motif atau pola batik sederhana. Buatlah motif atau pola batik sederhana dengan menggunakan krayon atau pensil di atas kertas yang sudah disediakan. Kertas yang digunakan adalah kertas gambar.
2)     Pewarnaan pada motif. Warnailah bentuk motif atau pola batik sederhana dengan pewarnaan secara penuh dan pewarnaan secara tidak penuh. Agar mendapatkan hasil pewarnaan yang berbeda-beda.
3)          Menyiapkan pewarna. Pewarna yang dapat digunakan pada kegiatan membatik sederhana dapat menjadi dua, yaitu pewarna buatan dan pewarna alam. Yang termasuk pewarna buatan adalah cat air, ontan/sepuhan (berbentuk serbuk), pewarna kue cair. Sedangkan yang termasuk pewarna alami kunyit, daun suji, buah ganola, gambir.
4)        Pewarna cat air yang sudah dipilih untuk digunkan sebagai pewarna backgroud. Buatlah larutan warna tersebut pada tempat pewarna yang sudah disediakan. Usahakanlah warna yang akan digunakan tidak terlalu encer.
5)   Memunculkan motif atau pola batik sederhana atau memberikan warna pada backgroud.    Letakkan kertas yang sudah motif atau pola batik sederhana di atas kertas koran. Pulaslah kertas tersebut dengan kuas yang suadah dicelumkan terlebih dahulu pada pewarna cat air. Pemulasan dengan satu warna, bisa pula beberapa warna bergantung pada pilihan. Cara pemulasan dilakukan satu arah.
Demikanlah pengalaman saya dalam proses membuat batik sederhana dan cara membuat batik. Kita sebagai generasi muda harus mampu menjaga batik yang kita miliki. Karena batik merupakan salah satu warisan leluhur yang harus dijaga. Jangan pernah takut dalam belajar membatik, mulailah belajar membuat batik, dari batik sederhana dan motif-motif yang kita sukai. Mari belajar membuat batik sederhana. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar