Senin, 14 April 2014

Nada Goresan Hyuju dengan Cat Air



Nada Goresan Hyuju

Awal menuangkan sebuah goresan dengan menggunakan cat air, saat seorang teman menyanyi sebuah lagu tradisional yang berjudul “Juru Pencar”. Awalnya saya bingung harus bagaimana cara menuangkan cat air ke atas sebuah kertas dengan mengikuti nada-nada yang ada pada lagu. Pada saat itu saya berpikir, bahwa saya harus membuat goresan yang berbentuk simbol-simbol nada lagu. Namun, hal itu tidaklah seperti yang dibayangkan dalam benak saya. Goresan yang dibuat hanya mengikuti naik-turunnya nada lagu. Hasil goresan itu mirip dengan sebuah gelombang.
Dari sebuah alunan nada-nada yang menjadi goresan-goresan bergelombang yang menarik. Goresan-goresan itu harus dipenuhi untuk menjadi goresan yang mempesona. Karena goresan tersebut membentuk gelombang-gelombang, hal itu mengimajinasi saya untuk menjadikan gelombang-gelombang goresan nada menjadi sebuah laut. Karena saya sangat menyukai lautan yang berwarna biru. Dalam goresan-goresan itu saya tambahkan cat air yang berwarna biru memenuhi kertas, untuk mendapatkan lautan biru yang menawan. Hal itu membuat saya menjadi tahu cara menggunakan cat air dan mendapatkan kesenangan dalam menuangkan cat air dalam goresan-goresan yang indah. Tidak hanya warna biru yang ditambahkan, namun warna yang kontras untuk menjadikan goresan lebih menarik.
Warna-warana tambahan yang ditambahkanuntuk membentuk unsur-unsur situasi atau suasana laut yang indah. Tidak luput pula terdapat goresan yang menunjukan orang yang sedang melakukan kegiatan sharpping. Hal itu, karena saya menyukai kegiatan sharpping. Rasa yang sama bahagianya saat bisa menumpang tindihkan warna cat air menjadi goresan yang indah dan dapat menyellesaikan goresan yang berawal dari goresan nada menjadi goresan yang memiliki makna.
Warna-warna cat air sangat mudah untuk diaplkasikan dan ditumpang tindihkan dengan warna lain. Cat air (water colour) mempunyai karakter transparan (tembus pandang). Warna yang dipulaskan terlebih dahulu tidak dapat ditutup dengan warna lain di atasnya, bila warna yang dipulaskan belum kering, karena warna dapat tercampur.
Penggunaanya biasanya dengan teknik aquarel. Cat air digunakan dengan kuas lancip yang lembut bulunya dan air yang berlebih. Cat air dengan campuran yang berlebih menghasilkan warna yang terang dan segar. Menggunakan cat air butuh kesabaran yang tinggi. Teknik yang digunakan dalam goresan cat air dihasilkan dari lapisan-lapisan yang saling ditimpangkan setelah lapisan sebelumnya yang telah dikeringkan, sehingga menghasilkan gradasi warna yang indah. Cat air memiliki kelebihan ridak berbau, mudah larut dalam air, mudah dibersihkan, dan cepat dikeringkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar