Sabtu, 14 Juni 2014

Contoh RPP Kurikulum 2013

Contoh RPP Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            : SD
Kelas/Semester                  : I/ (satu)
Tema/Subtema                  : Diriku/Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu                  : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)

A.          Kompetensi Inti (KI)
1.            Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.            Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.           Kompetensi Dasar dan Indikator
Seni Buadaya dan Prakarya
Kompetensi Dasar
1.1        Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1  Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
2.2  Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.1    Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi

Indikator
1.1.1  Mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan dengan mengucapkan “Suksma Hyang Widhi”
2.1.1 Membuat karya bentuk segi empat.
2.2.1 Menanyakan sesuatu yang tidak dimengerti oleh siswa.
3.1.1 Membuat gambar dengan memanfaatkan bentuk segi empat.

C.          Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mengamati contoh segi empat, siswa dapat mengidetifikasi bentuk segi empat dengan tepat.
2.        Setelah mengidentifikasi bentuk segi empat, siswa dapat membuat gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif.
3.      Dengan kegiatan menggambar siswa dapat menceritakan gambar yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri.

D.          Materi Pembelajaran
Mengenal Bentuk Segi Empat (Buku siswa halaman 16)

E.           Metode dan Pendekatan Pembelajarab
Metode         : Ceramah, tanya-jawab, diskusi, penugasan.
Pendekatan  : Saintifik

F.           Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat : Kotak bekas pasta gigi, sabun, dan lainnya yang mempunyai bentuk dasar segi empat, alat mewarnai atau benda lain yang bisa di- gunakan untuk menghias.
2.      Sumber
Assagaf, Lubna, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 1 “Diriku”. Buku Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Assagaf, Lubna, dkk. 2013. Buku Guru Tema 1 “Diriku”. Buku Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


G.          Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.      Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
3.      Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.      Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
10 Menit















140 Menit
























10 Menit


Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati gambar segi empat.
2.      Siswa membuat pertanyaan yang mereka anggap penting berdasarkan gambar tersebut.
3.      Siswa saling mempertukarkan pertanyaan dengan pasangan yang telah ditentukan oleh guru.
4.      Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang telah mereka tulis dengan pasangan masing-masing.
5.      Siswa diminta menjelaskan bentuk masing-masing benda tersebut sesuai dengan pemahamannya.
6.      Siswa diminta membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun kotak adalah bangun datar.
7.      Guru memperkenalkan bangun segi empat.
8.      Siswa diminta untuk membuat gambar dari bentuk segiempat sesuai imajinasi mereka kemudian me warnai gambar tersebut.
9.      Siswa bergantian menceritakan gambar kepada temannya.
Penutup
Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan:
 
Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?

Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?

Kesulitan apa yang kalian temui?

H.          Penilaian
1.            Teknik Penilaian
2.            Bentuk Instrumen Penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar