Sabtu, 14 Juni 2014

Mengkaji RPP Kurikulum 2013 Jenjang SD



Mengkaji RPP Kurikulum 2013 Jenjang SD

Menurut Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Setiap pendidik pada satauan pendidikan berkewajiban menyususun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, insfiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartiasipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai minat, bakat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Kurikulum 2013 jenjang SD melakasanakan pembelajaran Tematik Terpadu dan prosesnya menerapkan pendekatan saintifik. Penerapan pemebelajaran Tematik Terpadu dengan pendekatan saintifik membawa implikasi perubahan pembelajaran di SD. Perubahan itu, mengakibatkan perubahan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sistem penilaian, buku siswa, buku guru, program remidial serta pengayaan, dan lain sebagainya.
Prinsip-prinsip dalam menyusun RPP adalah sebagai berikut.
1.      RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
2.      RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik,minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, dan gaya belajar.
3.      RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik.
4.      RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tidak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar.
5.      RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis.
6.      Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
7.      RPP memuat rancangan program pemberian umpat balik yang positif, penguatan, pengayaan, remidi, dan umpan balik.
8.      RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpatuan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengkomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelejaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
9.      RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Komponen-komponen dalam RPP adalah sebagai berikut.
1.      Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan.
2.      Idetitas tema/subtema.
3.      Kelas/semester.
4.      Materi pokok.
5.   Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
6.      Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari siswa untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
7.      Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian kompetensi 
  1. Kompotensi Dasar; merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan  yang terkait muatan pelajaran.
  2. Indikator pencapaian merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.  
  3. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, satuan pendidikan, dan potensi daerah. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Dalam merumuskan indikator perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

(1)  Keseluruahan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja operasional yang digunakan dalma KI-KD.
(2)   Indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari kongkrit ke abstrak.
(3)   Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal KD dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa
(4)   Indikator harus menggunakan kata kerja operasional yang sesuai.
8. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. tujuan dapat diorganisasikan mencakup seluruh KD atau diorganisasikan setiap pertemuan. Tujuan pembelajaran yang dinyatakan dengan baik mulai dengan menyebutkan Audience peserta didik untuk siapa tujuan itu dimaksud. Tujuan itu kemudian mencantumpakan Behavior atau kemampauan yang harus didemontrasikan dan condition menggambarkan suatu proses peilaku atau kemampuan yang akan diamati. Akhirnya, tujuan itu mencantum Degree keterampilan baru yang harus dicapai dan diukur.
9. Materi pembelajaran adalah rincian materi pokok yang memuat fakta, konsep, prisnsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai rumusan indikator ketercapaian kompetensi.
10.  Metode pembelajaran merupakan rincian dari kegiatan pemebelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajardan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.
11.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
  1.  Alat pemebelajaran adalah alat bantu pembelajaran yang memudahkan memberikan pengertian kepada sisw
  2. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran.
  3. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elwktronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan. 
1   12.  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran, mencakup:
           1)  Kegiatan Pendahuluan
(1)   Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
(2) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
(3) Mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.
(4) Menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.
2)   Kegiatan Inti 


Kegiatan inti merupakan prosespembelajaran untuk mencapai tujuan, yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik secara aktif menjadi pencari informasi, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarya, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan muatan pelajaran, yang meliputi: observasi, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengorganisasikan/mengolah informasi, dan mengkomukasi.
3)  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama-sama peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan materi pembelajaran, melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakasanakan, memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran dan hasil pembelajaran dan merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk program remidial,  program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas secara individual atau kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik, dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
13.  Penilaian
  1. Berisi jenis/teknik penilaian.
  2. Bentuk instrumen. 
  3.   Pedoman perskoran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar