Kurikulum
Menurut UU No. 20 Tahun 2003, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
nasional. Kurikulum memiliki dua sifat, yaitu kurikulun bersiifat sebagai
pedoman dan kurikulum yang bersifat khas. Kurikulum sebagai pedoman merupakan
kurikulum yang berlaku
secara nasional untuk setiap program studi berupa rambu-rambu untuk menjamin
mutu dan kompetensi sesuai dengan program studi yang ditempuh. Sehingga
antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lainnya menjalankan suatu
kurikulum yang sama. Itu berarti menjalankan kurikulum dalam bentuk nasional.
Dalam bentuk kurikulum nasional ada yang bersifat terpusat dan bersifat given. Kurikulum yang bersifat pusat sadalah
segala sesuatu sudah diataur sedemikian rupa dipusat. Sedangkan kurikulum yang
bersifat given merupakan kurikulum
yang tidak bisa dirubah dan harus dilaksanakan sesuai dengan isi kurikulum yang
telah diberikan dari pusat. Selain itu, ada kurikulum yang bersifat
disesuaikan. Kurukulum yang dapat disesuaikan adalah kurikulum yang dapat
disesuaikan dengan daerah masing-masing. . Output dari kurikulum yang dapat
disesuaikan adalah
adanya mata pelajaran “mulok” atau muatan lokal di sekolah-sekolah. Bahan ajar
yang diajarkan juga berlainan antara sekolah di daerah satu dengan sekolah di
daerah lain, karena hal ini menyesuaikan pada keadaan daerah ddiberlakukannya kurikulum tersebut.
Kutikulum yang
berlaku di indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013 yang berkarakter. Dalam
Kurikulum 2013 ini terdapat 4 Kompetisi Inti (KI), terdiri dari Kompetensi Inti
pertama (KI 1) berisi tentang sikap spritual,
Kompetensi Inti kedua (KI 2)
berisi tentang sikap sosial, Kompetensi Inti tiga (KI 3) berisi tentang
pengetahuan, dan Kompetensi Inti empat (KI4) berisi tentang keterampilan. Pola
pikir Kurikulum 2013, yaitu pembelajaran
yang berpusat pada siswa dan pembelajaran yang interaktif (interatif
guru-peserta didik-lingkungan alam, sumber/media lain), belajar kelompok dan
pembelajaran kebutuhan pelanggan (users)
dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peseta
didik, mengembangkan keseimbangan anatara pengembangam sikap spritual dan
sosia, kreativitas, kerja sama, pengetahuan, dan keterampilan, pembelajaran
aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif mencari semakin diperkuat dengan model
pembelajaran pendekatan sains, pembelajaran secara jejaring (peserta didik
dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi
serta diperoleh melalui internet, pembelajaran ilmu pengetahuan jamak dan
pembelajaran yang kritis, dan Pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry leaning) dan pemecahan
masalah.
Dalam
struktur kurikulum SD/MI yang berlaku saat ini di Indonesia, terdapat dua
kelompok, yaitu kelompok A dan kelompok B. Masing-masing kelompok terdiri dari
beberapa bidang studi adalah sebagai berikut.
1.
Kelompok A
1)
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
2)
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
3)
Bahasa
Indonesia
4)
Matematika
5)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
6)
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
2.
Kelompok B
1)
Seni
Budaya dan Prakarya
2)
Penjasorkes
Jika
seorang guru ingin mengubah kurikulum terlebihdahulu harus melihat struktur
kurikulum dan disesuikan dengan jadwal.
Guru
kelas di sekolah dasar, mengajarkan
lebih dari satu bidang studi di kelas. Oleh karena itu, seorang guru kelas
harus mempunyai GBPP pada setiap bidang studi yang diajar. GBPP adalah garis
besar program pembelajaran untuk setiap bidang studi yang diajarkan untuk
memanajemen waktu dalam pelasanaan pembelajaran. GBPP dapat dibuat menjadi dua
rancangan, yaitu rancangan pembelajaran semester dan rancangan pembelajaran
tahunan. Dalam pembuatan GBPP perlu merancangan waktu pertmuan di kelas, agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai. Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan
GBPP adalah hari libur, karena itu dapat menghambat dan/atau pertemuan di
kelas. Guru harus dapat memanajemen waktu dengan baik sesuai dengan tujuan yang
dingin dicapai pada suatu bidang studi. GBPP menpunyai peranan penting dalam
proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.
Format GBPP
Pertemuan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
.......
|
Materi
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh Rancangan Pembelajaran Semester
Rancangan Pembelajaran Semester
Seni Budaya dan Prakarya
Pertemuan
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||
Materi
|
14
|
21
|
28
|
4
|
11
|
18
|
25
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
6
|
13
|
20
|
27
|
3
|
10
|
17
|
24
|
1
|
8
|
15
|
KD 2.1
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 2.2
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 2.3
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 3.1 dan 3.4
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 3.2
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 3.3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 3.5 dan 3.6
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.1
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.6 dan 4.8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.9 dan 4.10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
KD 4.12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
KD 4.13 dan 4.14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
KD 4.15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
KD 4.16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
KD 4.17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
Ulangan Umum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UU
|
Materi Seni Budaya dan Prakarya
Kelas II
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
KD 2.1
|
Menggambar Bebas.
|
KD 2.1
|
Mengenal Alam di Lingkungan Sekitar.
|
KD 2.3
|
Pembentukan Sikap dalam Berkarya.
|
KD 3.1 dan 3.4
|
Pengenalan dan Pengolahan Bahan Alam yang dapat
dimanfaatkan sebagai Karya Kreatif.
|
KD 3.2
|
Belajar Bernyanyi.
|
KD 3.3
|
Berjalan dengan menggunakan Gerak Bertempo.
|
KD 3.5 dan 3.6
|
Memahami Budaya dan Bahasa Di Daerah Setempat.
|
KD 4.1
|
Menggambar Ekspresi dengan mengolah Garis, Warna, Bentuk dan Tekstur
berdasarkan Hasil Pengamatan di Lingkungan Sekitar.
|
KD 4.2
|
Membuat Mozaik Sederhana
|
KD 4.3
|
Menggambar Imajinatif dengan memanfaatkan beragam
Media.
|
KD 4.4
|
Membentuk Karya Relief dari bahan Lunak.
|
KD 4.5
|
Menyanyikan Lagu Anak-Anak.
|
KD 4.6 dan 4.8
|
Memainkan Lagu dengan Pola Irama Bervariasi.
|
KD 4.7
|
Membuat Lagu Sederhana.
|
KD 4.9 dan 4.10
|
Menirukan Gerak Binatang dengan mengamati secara
langsung atau Media Rekam, menggunakan Tempo.
|
KD 4.11
|
Menyanyi Sambil Bergerak dengan Media Rekam.
|
KD 4.12
|
Menyanyi Sambil Menari dengan Menggunakan Tempo dan
Dinamika.
|
KD 4.13 dan 4.14
|
Membuat Karya Kreatif sebagai Penghias Benda dengan
mengolah Bahan Alam yang ada di Lingkungan melalui Kegiatan Melipat,
Menggunting, dan Menempel.
|
KD 4.15
|
Membuat Karya Fungsional dari berbagai Bahan dengan
Cara Sederhana.
|
KD 4.16
|
Belajar Menyajikan Olahan Makanan.
|
KD 4.17
|
Menceritakan Budaya yang ada di Daerah Setempat.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar